5 Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Setiap Hari bagi Umat Muslim

- 11 Februari 2021, 10:47 WIB
Ilustrasi berdoa.
Ilustrasi berdoa. /PEXELS/ Abdullah Ghatasheh

GALAJABAR - Surat Al-Kahfi adalah salah satu surat yang terdapat di dalam Al-Quran dengan keutamaan dan manfaat yang besar jika diamalkan umat muslim. Bahkan, Rasulullah SAW menganjurkan agar membaca surat ini pada setiap hari Jumat atau malam Jumat.

Namun, tidak hanya baik dibaca pada hari Jumat, surat Al-Kahfi juga baik dibaca setiap hari. Dirangkum galajabar dari berbagai sumber, berikut ini beberapa keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat yang bisa kamu dapatkan.

1. Dipancarkan cahaya di hari kiamat
Keutamaan Surat Al Kahfi yang pertama, orang yang membacanya akan dipancarkan cahaya di hari kiamat.
Seorang muslim yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat, Allah akan memancarkan cahaya baginya kelak di hari kiamat.

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq” (HR. Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi; shahih)

Baca Juga: Bohong Merupakan Dosa Besar dan Sifat Orang Munafik

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana ia diturunkan, maka ia akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat” (HR. Hakim dan ia menshahihkannya)

2. Mendapat petunjuk dan bimbingan Allah
Bahkan cahaya itu tidak hanya di hari kiamat, namun juga akan diturunkan di dunia. Yakni mendapatkan petunjuk dan bimbingan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dengan keutamaan surat Al Kahfi ini, teranglah langkah hidup bagi orang yang membaca Surat Al Kahfi di malam Jumat. Sebab Allah memberinya cahaya hingga Jumat berikutnya.

“Sesungguhnya barangsiapa membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat” (HR. Hakim dan ia menshahihkannya)

Baca Juga: Everton vs Tottenham Hotspur : Laga Penuh Dramatis Saling Balas Ciptakan Gol

Halaman:

Editor: Digdo Moedji


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah