5 Negara Paling Damai di Dunia, Penuh Konflik Internal, Indonesia di Peringkat Berapa?

- 6 Juli 2021, 19:30 WIB
Pemandangan alam di Selandia Baru. Sejak tahun 2017, negara ini dinobatkan sebagai  negara paling damai di dunia.
Pemandangan alam di Selandia Baru. Sejak tahun 2017, negara ini dinobatkan sebagai negara paling damai di dunia. /Pixabay/MartinStr

GALAJABAR - Tingkat kedamaian memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan sosial, ekonomi, dan politik pada suatu negara.

Negara yang damai cenderung lebih mudah berkembang dibandingkan dengan negara yang sering terjadi konflik di dalamnya.

Institute for economic and peace alias IEP adalah sebuah lembaga penelitian internasional non pemerintah yang melakukan penelitian dan advokasi terhadap isu ekonomi serta perdamaian negara-negara di dunia.

Baca Juga: Desas-desus Kesehatan Kim Jong Un Dianggap Propaganda, Korea Utara Tak Terima Hingga Selidiki Penyebar Gosip

Aset utama dari IEP adalah Global Peace Index (GPI) alias indeks perdamaian dunia, yang saat ini dianggap sebagai tolak ukur dalam mengukur perdamaian.

Sejak tahun 2017, GPI menggunakan 23 indikator untuk menilai tingkat kedamaian suatu negara.

Dilansir melalui Youtube INVOICE INDONESIA, berikut adalah lima negara dari 163 negara paling damai di dunia bedasarkan GPI.

5. Denmark
Denmark sempat menempati peringkat dua sebagai negara paling damai di dunia pada 2011 hingga 2016. Namun pada tahun 2017 hingga saat ini, Denmark merosot ke peringkat lima.

Baca Juga: Soal 'Pak Presiden Kapan Mundur', Ali Syarief: Semua Berniat Menyelamatkan Indonesia dan Rakyat yang Sengsara

Negara ini mendapatkan nilai sebesar 1.283 dalam indeks perdamaian dunia. Salah satu negara Skandinavia di Eropa Utara ini mendapatkan nilai baik pada beberapa indikator, seperti tingkat kejahatan rendah, stabilitas politik tinggi, kebebasan pers, dan lainnya.


4. Austria
Peringkat empat negara paling damai di dunia di tempati oleh salah satu negara di wilayah Alpen Timur, yakni Austria. Negara satu ini mendapatkan nilai sebesar 1.275 pada indeks perdamaian dunia. Austria diketahui telah mempertahankan tingkat perdamaian yang sangat tinggi selama beberapa tahun terakhir. Bahkan, Austria mempertahankan nilai sempurna pada banyak indikator GPI.

3. Portugal
Tak disangka, peringkat ketiga dalam daftar ini ditempati Portugal. Jika ada negara di dunia yang bisa dijadikan contoh sebagai negara yang berkomitmen pada perbaikan kondisi negara, Portugal adalah salah satu negara tersebut.
Pada 2014, Portugal menempati posisi 18 dan hanya butuh waktu dua tahun negara ini berhasil menempati posisi 5 pada 2016. Saat ini Portugal menempati posisi tiga dengan nilai mencapai 1.247 pada indeks perdamaian dunia.

Halaman:

Editor: Noval Anwari Faiz

Sumber: Youtube INVOICE INDONESIA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah