Pesan dr Zaidul Akbar: Hindari Makan Malam Agar Hidup Sehat

- 6 September 2023, 10:00 WIB
dr. Zaidul Akbar. Pesan dari dr Zaidul Akbar: hindari makan malam agar hidup kita sehat
dr. Zaidul Akbar. Pesan dari dr Zaidul Akbar: hindari makan malam agar hidup kita sehat /Tangkap layar YouTube/ dr. Zaidul Akbar //

GALAJABAR - Pesan dari dr Zaidul Akbar bila kita ingin hidup sehat salah satunya hindari makan malam. Ada hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya.

Selain sarapan dan makan siang, makan malam sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Bahkan, tak sedikit yang masih terus makan hingga menjelang tidur, sehingga tidak membiarkan tubuh untuk beristirahat. 

Parahnya lagi, beberapa orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia, masih kerap ngemil atau mengkonsumsi sesuatu hingga larut atau tengah malam. Padahal, kebiasaan tersebut sangatlah tidak sehat. 

"Malam mau tidur sebenarnya sudah disiapkan, ketika tandanya apa? Tandanya matahari yang tenggelam. Matahari tenggelam maka otomatis terjadi perubahan atau pengalihan hormon dari hormon simpatik ke parasimpatik," kata dia. 

Baca Juga: Resep Ampuh Atasi Asam Urat dan Kolesterol Ala dr Zaidul Akbar

Ia menjelaskan, simpatik merupakan hormon untuk bekerja, sementara parasimpatik adalah hormon rileks.

"Sebaiknya setelah Isya seseorang langsung tidur. Hal ini sesuai yang diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam," kata dr Zaidul Akbar.

“Kalau orang sarapan bahasa Inggrisnya kan breakfast, fast yang di break, jadi puasa yang dibatalkan, kapan kita puasanya? Nabi kita Shallallahu alaihi wasallam ketika malam habis isya beliau ngapain? tidur, Puasa GK kita? Puasa,” jelasnya.

Baca Juga: Cara Hilangkan PERUT BUNCIT dengan Solusi Ampuh Ala dr Zaidul Akbar

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Instagram @zaidulakbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x