BMKG Prediksi 6 Wilayah Akan Hujan Deras Saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

- 5 April 2023, 13:10 WIB
Ilustrasi warga menggunakan payung saat hujan di Tanjungpinang, Kepri/ANTARA/Ogen/am
Ilustrasi warga menggunakan payung saat hujan di Tanjungpinang, Kepri/ANTARA/Ogen/am /

GALAJABAR – Jelang lebaran 2023, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk waspada. Pada 19-21 April atau saat puncak arus mudik lebaran 2023, prediksi dari BMKG menyatakan adanya potensi hujan deras dengan intensitas 50-100 milimeter di beberapa wilayah.

Hujan Deras di Enam Wilayah

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyatakan, berdasarkan hasil prakiraan ada enam wilayah yang perlu waspada terhadap hujan deras. Enam wilayah itu adalah Aceh, Palembang, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Papua.

Baca Juga: Tidak Dapat Bansos Jelang Lebaran 2023, Ini Cara Ajukan Usulan ke Pemerintah

Baca Juga: MUDIK LEBARAN 2023 Polres Karawang Sudah Dibuka, DAFTAR GRATIS Cukup Bawa KTP

Kepala BMKG menambahkan, selain menimbulkan gangguan, bencana hidrometeorologi dapat terjadi. Hal ini menyebabkan perlunya kewaspadaan terhadap hujan dengan intensitas 20-50 mm.

Untuk hujan dengan intensitas sedang, Dwikorita mengatakan bahwa BBMKG telah memprediksi akan terjadi di beberapa wilayah. Di pulau Jawa, potensi hujan sedang dapat melanda Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan di Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Di pulau lain, termasuk Sulawesi, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah akan terjadi hujan di beberapa provinsi. Ambon dan Papua Barat juga berpotensi besar mengalami hujan intensitas sedang.

Baca Juga: Tips Aman dari PLN Gunakan Listrik Selama Ramadhan Disampaikan Langsung oleh Dirut Darmawan Prasodjo

Hujan Sedang Saat Hari Lebaran 2023

Saat Lebaran 2023 atau pada 22-28 April 2023, hujan sedang akan kembali mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Dwikorita menyebutkan di antaranya adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Pulau Seram, Papua, dan Papua Barat.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah