Perbedaan Makanan Jepang dan Korea Selatan, Simak Makanan Populer dari Kedua Negara

- 25 September 2023, 18:20 WIB
Ilustrasi makanan Jepang.
Ilustrasi makanan Jepang. /

GALAMEDIANEWS - Makanan Jepang dan Korea Selatan memiliki karakteristik yang unik dan berbeda, baik dari segi rasa, teknik memasak, maupun bahan-bahan yang digunakan. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara makanan Jepang dan Korea Selatan:

Rasa Dasar:

Makanan Jepang: Makanan Jepang sering dikenal dengan rasa yang ringan, seimbang, dan elegan. Makanan Jepang sering menggunakan bahan-bahan seperti shoyu (kecap asin), mirin (sake manis), dan dashi (kaldu ikan) untuk menciptakan rasa yang lembut dan harmonis.

Makanan Korea Selatan: Makanan Korea Selatan cenderung memiliki rasa yang lebih kuat, pedas, asin, dan beragam. Gochujang (pasta cabai fermentasi), ganjang (kecap asin Korea), dan kimchi (sayuran fermentasi pedas) adalah beberapa bahan yang sering digunakan untuk memberikan rasa khas Korea.

Bahan Utama:

Makanan Jepang: Makanan Jepang sering menggunakan ikan segar, seafood, daging sapi, dan sayuran hijau seperti rumput laut nori, miso, dan daikon (lobak Jepang). Nasi adalah komponen utama dalam sebagian besar hidangan Jepang.

Makanan Korea Selatan: Makanan Korea Selatan menggunakan daging sapi, daging babi, ayam, dan seafood sebagai bahan utama. Kimchi, banchan (hidangan pendamping), dan berbagai jenis sayuran seperti daikon dan bawang hijau juga sering digunakan.

Teknik Memasak:

Makanan Jepang: Makanan Jepang sering melibatkan teknik memasak seperti sashimi (potongan daging ikan mentah), sushi (nasi dengan topping), tempura (makanan digoreng tepung), dan yakiniku (daging panggang).

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah