Mengenal Kolesterol Baik dan Jahat, serta 5 Cara Menurunkannya

- 20 April 2023, 19:02 WIB
Ilustrasi mengenal Kolesterol jahat dan baik./ Pexels @Ba Tik
Ilustrasi mengenal Kolesterol jahat dan baik./ Pexels @Ba Tik /

 

GALAJABAR - Kolesterol merupakan lemak atau zat lilin dalam darah. Kolesterol bisa berasal dari berbagai makanan yang dikonsumsi. Namun tidak semua kolesterol bersifat buruk untuk tubuh, terdapat beberapa kolesterol yang juga dibutuhkan dalam tubuh.

Terdapat beberapa tujuan yang bermanfaat dari kolesterol, karena setiap tubuh membutuhkannya untuk membuat hormon dan sel-sel sehat. Sekali lagi terlalu banyak jenis kolesterol yang salah tentunya dapat mengakibatkan masalah kesehatan.

Oleh karenanya perlu dipahami terlebih dahulu jenis jenis kolesterol yang ada dalam tubuh. Terdapat dua jenis kolesterol, diantaranya yaitu:

Baca Juga: Anggota Pramuka di Cirebon Ikut Amankan Jalur Mudik Lebaran 2023, Begini Kisahnya

Low-density lipoprotein (LDL) adalah jenis kolesterol yang tidak sehat atau kolesterol jahat yang dapat menyumbat arteri, kolesterol jenis ini harus dijaga agar tetap berada di tingkat di bawah 100 mg/dL

High-density lipoprotein (HDL) adalah jenis kolesterol sehat yang membantu membersihkan kolesterol LDL dari arteri. Jenis ini baik ditargetkan pada tingkat 60 mg/dL atau lebih tinggi

Cara menurunkan kolesterol

1. Lakukan Diet

Mengonsumsi makanan yang benar adalah bagian terpenting dari menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah