Lebaran 2023 Kemungkinan Sabtu, Begini Perkiraan Kemenag dan BRIN

- 14 April 2023, 14:15 WIB
Lebaran 2023 Kemungkinan Sabtu, Begini Perkiraan Kemenag dan BRIN./Antara
Lebaran 2023 Kemungkinan Sabtu, Begini Perkiraan Kemenag dan BRIN./Antara /

GALAJABAR - Kementerian agama menggelar pemantauan (rukyatul) hilal untuk menentukan hari idul Fitri pada awal Syawal 1444 hijriah / 2023 Masehi di 123 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia pada 20 April 2023.

Direktur jenderal bimbingan masyarakat Islam Kementerian agama Kamaruddin amin mengungkapkan bahwa rukyatul hilal dilaksanakan oleh kanwil Kementerian agama dan Kemenag kabupaten/kota yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, dan Ormas Islam, serta instansi lain di daerah setempat.

Baca Juga: 5 Tips Agar dapat Malam Lailatul Qadar, Bocoran dari Imam Masjidil Haram

Baca Juga: BERIJABAH: Kiat Agar Jamaah Tidak Tertipu Travel Haji dan Umroh

"Hasil hisab dan rukyatul hilal ini akan dibahas dalam sidang isbat untuk kemudian ditetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal," Ucap Komaruddin.

Sidang isbat akan dilakukan secara tertutup bersama dengan Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat perwakilan, ormas Islam, serta tim hisab rukyat Kementerian Agama.

Adapun pelaksanaan sidang isbat penetapan satu Syawal 1444 H akan dilaksanakan pada 20 April 2023 dengan tempat di auditorium MH Rasjidi Kementerian Agama.

"Sebagaimana biasanya, sidang isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadhan titik tahun ini, bertepatan dengan 20 April 2023," ucap Komaruddin.

Baca Juga: 8 Orang Tewas Dalam Kecelakaan Beruntun di Tol Semarang-Solo, Begini Kronologi Kejadiannya

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah